Kalau karena penggunaan bisa bikin kampas kopling hangus sih sudah banyak yang tahu. Tapi, ada penyebab kampas bisa hangus karena kurang disadari. Fatalnya bukan karena pengguna yang salah teknik memainkan kopling, tapi mekanik bengkel enggak tahu tuh aturan main pasang kampas dan pelat kopling.
Paling jelas pemasangan kampas kopling. Dibolak-balik kampas kopling sepintas mirip. Padahal, ada bagian yang sedikit lebih tebal dibanding sisi yang lain. Patokannya angka di kaki kampas. Perlu diingatkan aturan pasang kopling harus mengecek posisi angka di kaki kampas. Yang benar, nomor di pegangan kampas sebagai patokan. Pasangnya harus ke arah luar semua. Jangan sampai mengarah ke dalam.
Logikanya kenapa mesti dipasang ke arah luar dengan patokan angka di kaki kampas. Material friction clutch paling tebal hanya satu sisi di bagian yang ada angka di kaki kampas. Sedang gesekan dan beban paling kuat ada di bagian yang ada angkanya. Seandainya dipasang terbalik, gesekan kampas dengan pelat pasti kejadian selip. Selip awal dari gejala kampas kopling bakal hangus.
Nah, ada lagi yang dilupakan mekanik waktu mengganti kampas kopling. Apa pernah mengecek ketebalan pelat? Seandainya ketebalan kurang, pasti muncul gejala selip. Sudah ada patokan standar ketebalan pelat minimal. Seharusnya mekanik tahu. Ukuran pelat kopling secara umum 0,01 mikron. Lebih dari itu berarti ketebalannya berkurang.
Link
Cornering Indonesia , Cornering Solo , Cornering Wonogiri , Cornering Karanganyar , Cornering Boyolali , Cornering Pacitan , Cornering Sukoharjo , Cornering Klaten , Cornering Jogja , Cornering Magetan , Cornering Tawangmangu , Cornering Sragen , Cornering Purwadadi , Cornering Semarang , Cornering Pati , Cornering Kudus , Cornering Jakarta , Cornering Lampung , Cornering Sumatera , Cornering Aceh , Cornering Sulawesi , Cornering Kalimantan , Cornering Bandung , Cornering Surabaya , Cornering Sidoarjo , Cornering Gresik , Cornering Malang , Cornering Bali , Cornering Bogor , Cornering Bekasi , Cornering Tangerang , Cornering Banten , Dan Lain Lain
Artikel
Cara Cornering Yang Benar , Safety Riding , Tehnik Cornering , Arti Cornering , Pemahaman Cornering , Tehnik Dasar Cornering , Gaya Cornering , Kneedown , Cara Kneedown , Dan Lain Lain
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !