Meningkatkan Kompresi Mesin
Meningkatkan perbandingan kompresi (Compretion Ratio = CR) adalah cara awal yang ditempuh oleh para mekanik untuk meningkatkan power mesin. Namun demikian untuk meningkatkan perbandingan kompresi perlu diperhatikan beberapa faktor, antara lain :
1. Bahan bakar yang digunakan.
2. Kwalitas piston yang digunakan.
CARA MENAIKKAN KOMPRESI 1 :
1. Mengganti piston dengan model racing/forged piston.
2. Mendekatkan deck clearance.
3. Membubut Head.
4. Mengelas Head.
5. Membubut Blok dan Piston.
CARA MENAIKKAN KOMPRESI 2 :
1. memangkas head atau yang sering disebut cop, agar lebih mudah bawalah ke tempat tukang bubut agar lebih teliti dalam pemangkasan. biasanya pemangkasan head tidak lebih dari 5mm. pada pekerjaan ini anda harus exstra teliti karena jika salah perhitungan salah-salah seker anda akan rusak karena pemangkasan terlalu banyak.
2. porting lubang hisap dan buang, yaitu memperbesar diameter lubang agar campuran bahan bakar yang masuk volumenya menjadi lebih banyak dan lancar. cara yang paling mudah adalah dengan mengunakan bor, akan tetapi hasilnya kurang rapi dan halus. jika anda ingin mendapatkan peforma motor yang maksimal maka anda harus teliti dalam melakukan riset.
3. membubut noken as, yaitu memangkas noken as menjadi lebih pendek agar buka tutup klep menjadi lebih cepat, akan tetapi efeknya adalah suara mesin akan menjadi sedikit berisik karena noken as menjadi loss.
CARA MENURUNKAN KOMPRESI :
1. Merimer dome pada head.
2. Memperdalam coakan klep pada piston.
3. Membubut piston.
Efek positif menggunakan kompresi tinggi :
1. tenaga motor menjadi lebih besar
2. Final gear menjadi berat.
3. Power mesin terasa dari putaran bawah sampai atas.
Efek negatif menggunakan kompresi tinggi :1. suara mesin agak kasar
2. mesin cepat panas
3. engine break menjadi lebih kasar
4. Apabila perhitungan kompresi tidak tepat, sering terjadi detonasi.
Link
Cornering Indonesia , Cornering Solo , Cornering Wonogiri , Cornering Karanganyar , Cornering Boyolali , Cornering Pacitan , Cornering Sukoharjo , Cornering Klaten , Cornering Jogja , Cornering Magetan , Cornering Tawangmangu , Cornering Sragen , Cornering Purwadadi , Cornering Semarang , Cornering Pati , Cornering Kudus , Cornering Jakarta , Cornering Lampung , Cornering Sumatera , Cornering Aceh , Cornering Sulawesi , Cornering Kalimantan , Cornering Bandung , Cornering Surabaya , Cornering Sidoarjo , Cornering Gresik , Cornering Malang , Cornering Bali , Cornering Bogor , Cornering Bekasi , Cornering Tangerang , Cornering Banten , Dan Lain Lain
Artikel
Cara Cornering Yang Benar , Safety Riding , Tehnik Cornering , Arti Cornering , Pemahaman Cornering , Tehnik Dasar Cornering , Gaya Cornering , Kneedown , Cara Kneedown , Dan Lain Lain
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !